DOWNLOAD LIFE

Because spoken words fly away, written words remain. 'Verba Volant Scripta Manent', you said.

Bantul Hidden Heaven : Taman Wisata Gunung Mungker dan Hutan Pinus Prengger Dlingo

Beberapa minggu yang lalu saya ditugaskan dinas ke pedalaman Bantul, Yogyakarta dan bertemu Bapak Lurah Desa Terong. Setelah selesai diskusi terkait persiapan kunjungan Delegasi ASEAN ke Bantul di Juni nanti, sang Bapak mengajak kami mengunjungi Taman Wisata Gunung Mungker.

Ini obyek wisata yang tengah susah payah ia rintis bersama warga desa, untuk meningkatkan perekonomian warga. “Banyak-banyak selfie ya Mbak, pasang di fesbuk sama insta ya Mbak.” Pak Lurah berpesan sumringah.

Lho, ga usah disuruh aja pasti selfie, apalagi pakai disuruh pak😂

“Dipasang ya, biar pada datang.” Ia mengingatkan lagi. Saya tertawa, belum tau aja ini Pak Lurah kalau yang promo begituan itu bagusnya ngundang bloher travel kawakan, bukan ngundang pegawai remah-remah kaya saya.

Jadilah sore menjelang senja itu dari kantor Lurah kami menuju ke taman wisata. Saya heboh duluan, karena kebetulan pakai sepatu wedges lima senti, yang meski nggak banget-banget tinggi, tapi kan tetep ngeri.

“Nanti turunnya pakai flying fox aja, Mbak, biar ngga ribet.”

Et deh si Pak Lurah, makasih. Saya merinding duluan melihat sulur jalur flying fox yang panjangnya sampai 120 meter itu.

Sesampainya kami di atas, saya menggigil. Puncak gunung yang lebih mirip bukit itu lumayan tinggi, angin menerpa kencang, sejuk dan menenangkan. Saya yang berbulan-bulan lama terjebak di belantara beton dari satu gedung ke gedung lainnya, terpana menatapi bentangan langit biru luas berserabut putih kapas. Di Jakarta, langit jarang secerah ini dan udara segar, tentunya, mahal. Semak dan pepohonan selalu rapi, tak bersilang-silang dengan rumpun liar, apik tanpa acak, hanya tak alami.

Pak Lurah sibuk menunjuk ke sana dan ke sini. Gerumbul pohon dan tunas-tunas ia kenalkan; Durian, Mangga, Kelengkeng, Pisang, Jambu, Rambutan, Jeruk, dan Sirsak. Ini gunung kan Pak, bukan supermarket?

“Mau dijadikan Agrowisata juga nantinya, Mbak.” Canggih bener, Pak.

 

Jadi kalau Bapak/Ibu/Adik/Kakak punya waktu, bermainlah ke Taman Wisata Gunung Mungker yang merupakan wilayah pegunungan diantara pedukuhan Pencit Rejo dan Sendang Sari. Dari puncak Mungker kita bisa melihat view wilayah yogyakarta bagian timur (wilayah Gunung Kidul) dengan properti foto yang sangat instagrammable. Taman Wisata Gunung Mungker juga cocok untuk arena Camping dan Outbond karena pelataran bawahnya yang luas.

Selain view dari puncak gunung, di kaki gunung juga terdapat lapangan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan misalnya untuk senam. Tak terlalu jauh, ada hutan Pinus Prengger Dlingo, a hidden pine heaven, yang keren abis. Katanya sih tempat ini lagi ngehits banget.

Awalnya spot wisata Hutan Pinus yang terkenal di Bantul memang hanya Hutan Pinus Mangunan, tapi itu mah udah terlalu mainstream lah ya. Hutan Pinus Prengger ini nggak kalah keren dari Mangunan dengan tempat-tempat selfie yang keren, mau cari tampilan yang romantis, yang mistis, misterius, lengkap dengan lansekap alam yang mengagumkan ada semua.

Bagaimana rute menuju dua tempat wisata yang terletak di Desa Terong, Bantul ini? Gampang saja, naik mobil dari kota Jogja menuju Bukit Bintang melewati Jalan Wonosari, nanti Anda akan menemui Perempatan Pathuk, tinggal ambil arah kanan menuju Dlingo, sekitar 4 km sampai deh. Jaraknya dari kota Jogja sekitar 25 km, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

 

Pesan saya cuma satu : jangan pakai sepatu wedges saat mendaki. Even though it looks good in the picture, yes seriously😝😝😝

http://terong.bantulkab.go.id/index.php/first/artikel/341

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 22, 2017 by in Keliling Indonesia, Uncategorized and tagged , , , , .
%d bloggers like this: